Monday, June 18, 2012

Kain Bahan Konveksi di Masa Depan (Bagian 1)


Masa Depan

Pakar Konveksi – Bahan bahan konveksi terus melakukan perkembangan dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh produsen bahan baku kain. Di masa depan, kaos katun memiliki kemampuan dalam melakukan tugas ganda. Selain berguna untuk menjaga orang yang menggunakannya dari udara dingin dan juga panas, kaos katun pada saat yang sama bisa menjadi charger untuk ponsel Anda. Para insinyur dari University of South Carolina telah menemukan suatu cara agar katun yang kita kenakan dapat menyimpan energi yang fleksibel untuk berbagai alat elektronik.


"Di masa depan, Anda bisa membayangkan ponsel kita akan menjadi seperti selembar kertas yang dapat digulung, Tapi kita perlu memiliki perangkat energi yang fleksibel untuk mengintegrasikan kefleksibelan tadi, sebuah motherboard yang bisa merenggang.," Kata Li Xiaodong, seorang profesor teknik mesin diUniversity of South Carolina yang memimpin pengembangan yang dilakukan itu.

Dengan menambahkan lapisan tipis logam konduktif pada kaos katun, mereka menciptakan sebuah kapasitor yang stabil dan berperforma tinggi. Untuk percobaan awalnya, para peneliti mencelupkan kapas sebagai bahan utama dari kain katun dalam larutan natrium fluorida selama satu jam. Kemudian diambil untuk kemudian dikeringkan dalam oven selama tiga jam. Kemudian katun tadi dipanaskan kembali dalam tungku panas selama satu jam.

Lalu yang terjadi kemudian adalah katun tersebut telah berubah menjadi karbon aktif. Bahan yang hangus masih bisa dilipat walaupun telah dipanggang. Tahap terakhir untuk membangun alat penyimpan energi ini, para insinyur melapisinya dengan lapisan nano dari metal manganese oxide yang konduktif.

Bersambung

No comments:

Post a Comment