Thursday, June 14, 2012

Batik Menarik Hati Warga Madrid, Bagaimana Dengan Busana Muslim? (Bagian 1)



Busana Muslim Bandung – Sebuah pegelaran budaya dan juga peragaan busana batik asal Indonesia kembali berhasil memukau penikmat busana mancanegara. Kini busana batik berhasi memukau 300 orang penonton yang memenuhi aula gedung pertemuan bergengsi di komplek gedung Pemerintahan Kota Madrid, Spanyol.

Menurunkan sebanyak 11 orang peragawati asal Indonesia dan Spanyol yang berbalut busana batik Iwan Tirta Private Collection serta diiringi oleh pemain musik dan juga penari dari Rumah Budaya Puspo Budoyo, para pejuang kebudayaan bangsa Indonesia ini mendapatkan tepuk tangan yang panjang dari para penonton yang hadir dalam pagelaran busana tersebut.

Berdasarkan sebuah kerja sama antara kedua institusi ini yang dikoordinasikan oleh Yayasan Iwan Tirta, mereka mempersembahkan tujuh buah tarian yang dikombinasikan dengan koleksi batik Boketan, Taman Sari dan juga koleksi kebaya karya desainer  asal Indonesia, Era Soekamto.

Tepuk tangan penonton selalu terdengar riuh di setiap akhir pertunjukan tarian Zapin, merak, Sisingaan, Topeng, Tlenjeng, Lenggang Nyai dan juga Saman. Tarian juga tetap terdengar riuh pada peragaan koleksi koleksi busana batik lokal tersebut.

Pergelaran yang bertajuk "The Enchanting Indonesian Culture and Fashion" tersebut adalah pergelaran dalam sebuag rangkaian kegiatan Festival Indonesia yang diadakan KBRI Madrid bekerja sama dengan berbagai pihak yang bertujuan untuk mempromosikan Indonesia.

Festival tersebut dimulai sejak tanggal 21 Mei dengan menampilkan serangkaian kegiatan seperti seminar promosi potensi Indonesia yang bekerja sama dengan Kemparekraf, Kemdag, BKPM dan juga Bappenas. Rangkaian kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada tiga  kota utama yang terdapat di Spanyol. Kota kota tersebut adalah kota Madrid, Barcelona dan juga Sevilla.

Bersambung

No comments:

Post a Comment