Thursday, June 14, 2012

Busana Muslim Bertema Etnik Dapat Menarik Perhatian Masyarakat Perancis (Bagian 1)




Busana Muslim Bandung – Busana tradisional di Indonesia beraneka ragam jenisnya. Dan jumlahnya sangat banyak. Namun yang paling menarik dari busana tradisional Indonesia adalah nilai etnik yang dimilikinya hal ini pula yang menyebabkan busana tradisional cukup diminati oleh warga asing. Hal ini rupanya telah menginspirasi banyak desainer busana muslim untuk menciptakan busana muslim jenis baru yang syarat dengan nilai etnik.

Kepopuleran busana tradisional di Indonesia terbukti dalam sebuah pagelaran busana daerah di Lyon, Prancis. Beragam busana tradisional daerah yang berasal dari Indonesia mulai dari Nangroe Aceh Darussalam sampai dengan ke ujung Papua dikenakan oleh para remaja Perancis dalam festival tersebut. Dan hal ini berhasil menarik perhatian penonton Festival La Fête des Bannières du Monde 2012 yang dilangsungkan di kota Lyon, Perancis.

Kontingen asal Indonesia datang ke dalam festival ini dengan mengusung tema "Unité dans le Diversité". Selain busana tradisional, mereka juga menampilkan keindahan seni tari Serimpi dan tari Piring, karawitan Jawa, atraksi topeng Leak Bali, dan juga prosesi payung Bali.

Kegiatan karnaval budaya ini menempuh jarak sekitar dua kilometer dari Place de la Bourse di kawasan Hotel de Ville menuju Place Bellecour. Selain diikuti oleh kontingen asal Indonesia, kebudayaan Indonesia juga ikut ditampilkan oleh pemuda dan pemudi asal Perancis yang mengagumi Indonesia. Mereka adalah anggota PPI Lyon dan Asosiasi Franco-Indonésienne Lyon.

Para pengunjung yang memadati kawasan jalan tempat berlangsungnya acara karnaval tersebut merasa terpukau oleh keunikan, keindahan, dan keaneka ragaman busana tradisional yang ditampilkan oleh rombongan kontingen asal Indonesia.

Bersambung

No comments:

Post a Comment