Thursday, June 14, 2012

Busana Muslim dan Produk Asal Indonesia Lainnya Diminati Pasar Malaysia (Bagian 2)


Busana Muslim Bandung - Kebanyakan produk yang diminati adalah mukena buatan dari daerah Padang. Mungkin hal ini terjadi karena terdapat faktor kedekatan antara orang Malaysia dengan masyarakat Minang. Banyak sekali orang Malaysia yang merupakan keturunan dari daerah Minangkabau.

Selain produk busana dan juga produk kerajinan tangan lainnya, makanan Indonesia juga cukup diminati di Malaysia. Peminat utama dari makanan khas Indonesia tentu saja orang Indonesia sendiri, namun selain itu juga semakin banyak orang Malaysia yang mulai suka dengan makanan khas Indonesia.

Busana muslim dengan model abaya juga cukup diminati di Malaysia. Kebanyakan perempuan Malaysia yang berkerudung tidak terlalu menyukai busana model two pieces termasuk dengan tunik. Busana dengan ukuran S juga ternyata tidak terlalu laku di Malaysia. Jadi, bagi pedagang busana muslim yang ingin berjualan di malaysia ada baiknya untuk memperhatikan urusan ukuran busana yang dibawanya.

Selain produk kerajinan dan fashion, produk makanan dari Indonesia juga sangat berpotensi untuk dipasarkan di Malaysia. Terutama kepada TKI yang bekerja di pedalaman, di perkebunan ataupun kilang minyak.

Atase Tenaga Kerja KBRI di Malaysia sendiri memiliki program untuk mendatangi TKI di kilang minyak dan juga perkebunan. Melalui pelaksanaan program inilah TKI di Malaysia akan mendapatkan informasi mengenai produk makanan Indonesia yang didapatkan melalui distributor asal Malaysia. Pihak KBRI juga akan bekerjasama dengan paguyuban TKI untuk memasarkan produk produk yang berasal dari Indonesia.

Bersambung

No comments:

Post a Comment