Thursday, June 14, 2012

Memulai Bisnis Konveksi Tanpa Modal (Bagian 1)


Illustrasi Modal

Pakar Konveksi - Tidak sedikit orang yang ingin menjadi seorang wirausahawan di bidang konveksi. Namun dari sekian banyak orang yang ingin ber wirausaha konveksi, lebih banyak di antara mereka yang mengurungkan niat berwirausaha karena sebuah alasan klasik, yaitu tidak ada modal. Padahal sebuah bisnis konveksi bisa dijalankan dengan bermodalkan 0 rupiah, tergantung dengan kreativitas masing masing individu.Siapa pun bisa membuka sebuah bisnis dengan mengandalkan modal kreatif.

Ketiadaan modal menjadi hambatan utama yang biasa dialami oleh para pebisnis pemula dan tidak tebatas pada bisnis konveksi saja. Selain itu juga faktor penghambat lainnya cukup beragam seperti takut gagal, tidak tahu cara memulai bisnis dan juga kendala waktu bagi para karyawan.

Jika niat untuk berbisnis konveksi sudah begitu besar sebaiknya singkirkan saja berbagai hambatan ataupun beragam pertimbangan tersebut. Mulailah langkah awal anda dengan memilih jenis sub bisnis konveksi. Secara umum bisnis terbagi ke dalam tiga bagian yakni kuliner, produk dan jasa.

Setelah memilih sub bisnis konveksi yang akan anda geluti, anda dapat memilih dan fokus pada pilihan bidang yang anda minati. Untuk selanjutnya, tentukanlah skala usaha apakah itu usaha mikro dengan modal di bawah Rp 50 juta, usaha kecil dengan modal Rp 50 juta hingga Rp 250 juta ataukah usaha menengah yang memerlukan modal Rp 250 juta hingga Rp 500 juta. Dan disarankan bagi pebisnis pemula untuk memulai usaha mikro atau kecil terlebih dahulu.

Bersambung

No comments:

Post a Comment